Minggu, 24 Mei 2015

Batik Sabang Diminati Turis Manca Negara



KBRN, Sabang : Karya seni batik Sabang sangat diminati oleh turis asing dan penjualannya sudah mencapai hingga  67 negara. Beragam hasil karya seni batik ini diproduksi dalam bentuk lukisan, amplop, poskat, keong dan kaos.
Demikian dikatakan Surya Fitriadi, salah satu pengrajin batik Sabang kepada RRI, Jumat (20/3/2015). Menurutnya, seni batik Sabang ini berawal dari sebuah inspirasi sehingga menjadi suatu karya yang banyak diminati oleh wisatawan yang berkunjung ke Sabang.

“Kita menawarkan produk batik ini kepada para turis yang datang ke Sabang, dan batik Sabang ini yang kita publikasikan bukan untuk Sabang saja, tapi ragam Indonesia untuk dunia,” tandasnya.
Surya Fitriadi meminta kepada pemerintah setempat agar lebih memperhatikan dan memfasilitasi hasil karya kreatifitas masyarakat sabang seperti karya seni batik, karena disamping terciptanya lapangan kerja, Batik Sabang juga merupakan promosi wisata di mata dunia.

Sementara itu Eleanor salah satu turis asing saat diwawancarai RRI  mengapresiasi hasil karya seni batik yang diproduksi  oleh masyarakat Sabang. Menurutnya, batik dari Sabang berbeda dengan batik yang ada di kota lain pada umumnya.
“Saya benar-benar mengagumi batik asli dari Sabang ini, karena sepertinya beda dengan batik-batik pada umumnya. Saya pikir saya harus membeli batik ini untuk keluarga dan kerabat saya disana,” tuturnya.

Batik merupakan kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia sejak lama. (Mj/DS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar